Lepas Pemudik, Menkes Nila: Jagalah Kesehatan, Jaga Keselamatan

By Admin

Foto/dok. Kemenkes  

nusakini.com - Menteri Kesehatan (menkes) Nila Farid Moeloek didampingi Sekretaris Jenderal Kemenkes Untung Suseno Sutarjo dan seluruh pejabat eselon I Kementerian Kesehatan RI memberangkatkan 880 orang karyawan/ti beserta keluarganya dalam rangka program Mudik Lebaran Bersama Kementerian Kesehatan di halaman kantor Kementerian Kesehatan, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (23/6/2017) pagi.

Selain bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam hal mengurangi kemacetan dan menurunkan risiko kecelakaan. Di samping itu, kegiatan ini juga memberikan manfaat secara ekonomis utamanya bagi pegawai golongan I, II dan III serta pegawai honorer, pramubakti, supir, outsourcing dan lainnya.

“Tidak terasa sudah berjalan lima tahun dan telah banyak kemajuan yang dicapai, salah satunya jumlah bus mudik dan balik bertambah cukup signfikan, yakni pada tahun 2016 adalah 18 bus mudik dan 10 bus balik, sementara di tahun ini berjumlah 22 b us mudik dan 10 bus balik”, terang Sesjen.

Adapun jurusan bus mudik dan bus balik dalam program Mudik Bersama Kemenkes tahun 1438H/2017 M antara lain Purworejo (PP), Yogyakarta (PP), Solo (PP), Surabaya (PP), Lampung, Palembang dan Padang.

“Seluruh pengemudi dan kondektur sudah diperiksa kesehatannya melalui pemeriksaan darah dan urine. Sebelum berangkat, juga dilakukan senam peregangan”, imbuh Sesjen.

Pada kesempatan yang istimewa tersebut, Menkes menyalami para karyawan dan keluarganya yang akan diberangkatkan dan berpesan agar tetap menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh dan selalu menerapkan gerakan masyarakat sehat (GERMAS) dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tidak merokok selama perjalanan.

“Obat-obatan jangan lupa, di sepanjang perjalanan sudah disiapkan untuk di perjalanan bukan disimpan di dalam koper. Perjalanan akan panjang, apalagi yang ke luar pulau Jawa, harus dipersiapkan betul. Bagi yang membawa keluarga, anak-anak ini tidak boleh sembarangan, jangan makan makanan yang tidak baik. ”, tutur Menkes.

Selain itu, Menkes juga berpesan kepada para pengemudi dan segenap awak bus agar senantiasa berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas.

“Jika merasa lelah segera digantikan dengan supir cadangan. Jangan lupa iistirahat agar dapat mengemudikan kendaraan dengan baik dan aman, selamat sampai tujuan”, tambahnya.

Menkes mendoakan agar seluruh pemudik tetap sehat di perjalanan, selamat sampai tujuan, tetap sehat sehingga nanti dapat kembali bekerja tetap dalam kondisi prima.

“Saudara-saudara sekalian yang akan segera berangkat ke kampung halaman untuk berlebaran, saya ucapkan selamat jalan dan selamat merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1438 H / 2017 M, mohon maaf lahir dan batin”, katanya.(p/mr)